Home » » Sosialisasi Pembangunan Jembatan Guguak Randah dan Guguak Tinggi

Sosialisasi Pembangunan Jembatan Guguak Randah dan Guguak Tinggi

Sosialisasi Pembangunan Jembatan Guguak Randah dan Guguak Tinggi yang diadakan pada tanggal 25 Januari 2016 alhamdulillah mendapatkan tanggapan postif bagi masyarakat, karena dengan adanya jembatan ini bisa meningkatkan kebersamaan dan pastinya silaturahmi kito badunsanak antar Jorong Guguak Randah dengan Jorong Guguak Tinggi semakin erat.

Pada acara ini banyak pemuka-pemuka masyarakat yang hadir baik dari angku-angku, niniak mamak, alim, ulama, bundo kanduang dan juga pemuda dan anak Nagari, serta dihadiri langsung oleh Bapak Guspardi Gaus selaku Anggota DPRD Sumbar, Kementrian PU Provinsi dan PU Kabupaten, Badan Pertanahan, serta Ibu Camat IV Koto.

Alhamdulillah, ungkapan yang terlafazkan dari dalam hati. Niat yang sudah lama semenjak dari orang tua terdahulu hingga sekarang, insyaAllah dalam waktu berberapa minggu yang akan datang akan terwujud pelaksanaannya.

Adalah jembatan layang yang akan menghubungkan dua jorong yang ada di Nagari Guguak Tabek Sarojo. Dengan luas bentang ngarai 91 meter dan dengan kedalaman mendekati 120 meter.
Pembangunan Jembatan Layang Nagari Guguak Tabek Sarojo ini menggunakan dana APBN, dengan anggaran kisaran 5.5 milyar.

Dengan segala pengharapan, dengan pembangunan jembatan ini akan memberikan manfaat, diantaranya:
  1. Menyambung kembali hubungan silaturrahim antara masyarakat kedua jorong yang telah lama terputus, yang akan memberikan dampak :
    • Hubungan sosial kemasyarakatan kembali terjalin.
    • Hubungan adat dan budaya kembali terjalin. Adaek Jalang manjalang, saliang batandang ka rumah dunsanak, mancaliak bako.
  2. Memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk pengurusan administrasi surat- menyurat, tidak lagi melewati nagari dan kecamatan lain.

Rasa terima kasih sama-sama kita ucapkan kepada Niniak Jo Mamak, Panghulu Nan Gadang Batuah, Alim Jo Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang nan barado di Kampuang yo Nan di Rantau, kok malam alah ba abih minyak, kok siang alah ba abih hari untuk membantu terwujudnya niat bersama "Mambangun Jambatan Nagari, Mambangun Jambatan Hati Nagari"







Berikut gambaran jembatan yang kami salin dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat :