Home » » Guguak Randah dan Guguak Tinggi Tabek Sarojo Itu Satu !!

Guguak Randah dan Guguak Tinggi Tabek Sarojo Itu Satu !!

Guguak Tabek Sarojo adalah sebuah nagari yang tergabung antara 2 (dua) jorong, yakni Jorong Guguak Randah dan Jorong Guguak Tinggi Tabek Sarojo. Nagari ini sangat unik, sebab dari namanya yang bernama "Guguak" bermakna "Dataran", juga berlawanan arti dalam pemberian Randah dan Tingginya. ini maksudnya :
  • Guguak Randah :
    Jorong ini letak wilayahnya lebih tinggi dari Guguak Tinggi, namun namanya diberikan Guguak Randah padahal lebih tinggi
  • Guguak Tinggi :
    Jorong ini letak wilayahnya lebih rendah dari Guguak Randah, namun namanya diberikan Guguak Tinggi padahal lebih rendah
Nagari yang memiliki warga hingga 4600 jiwa lebih ini, letak geografis jorongnya terpisah oleh ngarai, jadi suatu keunikan yang terdapat pada Nagari Guguak Tabek Sarojo ini, yaitu "Hanya Nagari Guguak Tabek Sarojo yang harus melintasi nagari lain untuk pergi dari jorong Guguak Randah ke jorong Guguak Tinggi atau sebaliknya".

Ka nagari wak surang se harus malinteh nagari urang lain lo, dak aneh tu dunsanak sado no :D

Namun dari keunikannya ini membuat sedikit kerugian dari kita sebagai masyarakat, kenapa harus melintasi nagari lain untuk bisa ke jorong lainnya, padahal pembatas nagari kita hanyalah ngarai yang sebenarnya kita bisa membuat jembatan penghubung dengan bantuan pemerintah. Melihat situasi ngarai yang bentangannya semakin besar mungkin banyak yang mengatakan mustahil untuk pembangunan jembatan ini. namun Kita bisa jika kita berbuat !!

Banyak dari warga Nagari Guguak Tabek Sarojo yang sudah memiliki jabatan tinggi di pemerintahan, mungkin tidak akan tersebut semua namanya, namun yang paling berpengaruh sekali adalah para pemimpin kita seperti :
  1. Bapak Irman Gusman (Ketua DPD RI)
  2. Bapak Tifatul Sembiring (Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia)
  3. Bapak Guspardi Gaus (Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat)
  4. .........
  5. .........
  6. yang lainnya bisa anda tambahkan di komentar
Dari 3 (tiga) nama diatas adalah orang yang cukup ternama di pemerintahan dan juga bukan sembarangan, mereka termasuk orang yang berpengaruh. Maka bisa dikatakan bukan mustahil jika akan ada jalur penghubung jembatan antara Guguak Randah dengan Guguak Tinggi. Kenapa penulis mengatakan demikian, jalur penghubung antar wilayah harus ada karena itulah yang akan membantu jalannya perubahan nagari kita menjadi semakin baik.

Jadi semisalnya kita memiliki jembatan, maka Guguak Randah dan Guguak Tinggi Tabek Sarojo akan semakin erat dan silaturahmi pun akan semakin terjalin. Dengan begitu Insya Allah kita tidak akan lagi merasa adanya perbedaan, apa lagi dengan keadaan sekarang semakin kurangnya generasi tua bersejarah kepada generasi baru, dan sekali lagi bahwasanya Guguak Randah dan Guguak Tinggi Tabek Sarojo itu adalah SATU.

Ciek lai dunsanak, ado lo urang awak nan indak nio ado jembatan penghubung antaro jorong Guguak Randah jo Guguak Tinggi  ko, baa pandapek dunsanak sadonyo. Nagari ko ciek sabananyo tapi hanyo dek babarapo urang, nagari wak bisa taraso babeda (nagari.10/09/14)