Home » » Jembatan "Hati" Guguak Tabek Sarojo Diserang Wisatawan

Jembatan "Hati" Guguak Tabek Sarojo Diserang Wisatawan

Pekerjaan pembangunan Jembatan "Hati" Guguak Tabek Sarojo yang memiliki peran penting untuk nagari yang mana sebagai jembatan penghubung antar dua jorong yaitu Jorong Guguak Randah dan Guguak Tinggi yang selama ini terpisah karena ngarai yang terbentang antar kedua jorong.

Posisi Jembatan ini berada pada ketinggian 150 meter dengan panjang 125 meter, jembatan yang melintasi ngarai Sianyia ini merupakan anggaran dari pemerintah pusat APBN dengan nilai kontrak 6.5 Milyar dengan kurun waktu pengerjaan selama 8 Bulan yang dimulai dari bulan April 2016, Jembatan ini sebenarnya diperuntukkan untuk mobil namun karena adanya kesepakatan antar dua jorong maka jembatan tersebut hanya boleh dilalui oleh kendaraan roda dua alias sepeda motor saja.

Posisi jembatan gantung ini sangat strategis yang memiliki pesona tersendiri, dengan tampilan jembatan yang membentang panjang antara Jorong Guguak Randah dengan Guguak Tinggi membuat para wisatawan turut serta untuk menikmati keindahan jembatan gantung ini terutama dengan adanya pemandangan dengan panorama yang masih asli dan asri.

Jembatan yang memiliki fungsi utama sebagai pemersatu bagi dua Jorong ini berubah drastis menjadi tempat wisata yang saat ini dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai kota, yang awalnya nformasi jembatan ini dari mulut ke mulut bahkan juga tersebar di berbagai Media Sosial hingga kabar jembatan yang baru saja selesai dilaksanakan 2 minggu lalu dikunjungi banyak orang.

Keindahan jembatan ditambah dengan pemandangan alam yang masih asli dan posisi yang berada diatas ngarai yang cukup dalam membuat adrenalin pengunjung terpacu khususnya yang tidak biasa dengan diketinggian.

Walinagari Guguak Tabek Sarojo menambahkan "Rencana kedepannya yang akan dilakukan Insya Allah adalah membuat jalan berupa tangga / Janjang yang nantinya masyarakat bisa turun langsung kedalam ngarai dan menikmati keindahan didalam ngarai yang terdapat dibawahnya aliran sungai yang menuju ke ngarai sianok dan juga ada dua air terjun yang menambah pesonanya"

Cukup gampang menuju jembatan gantung ini, jika anda dari Bukittinggi hanya berjarak sekitar enam kilometer saja. Disarankan lewat dari Simpang Bangkaweh, setelah sampai disana, belok kanan hingga Parabek. Dari sana, selanjutnya belok kanan hingga memasuki Guguak Tinggi. Namun jika anda dari agam barat bisa melalui Jorong Guguak Randah atau lewat Koto gadang. (Oleh Kasi Kesra - id)

Jembatan "Hati" Guguak Tabek Sarojo Diserang Wisatawan