Home » » Legenda Nagari

Legenda Nagari

  • Setiap tanah yang berbentuk Datar yang agak melengkung oleh nenek moyang kita dinamai Guguak
  • Kalau dipandang Nagari Guguak dari Gunuang Singgalng kelihatannya memang suatu dataran agak melengkung.
  • Dahulu kala nenek moyang kita setelah mendiami Guguak, ternyata didataran di dalam Guguak itu ada pula yang agak tertinggi dan agak terendah disitulah munculnya nama Guguak Tinggi dan Guguak Randah.
  • Tabek Sarojo menurut penuturan urang tuo – tuo kito dahulu adalah yang pupuler disebut TEPATAN / TEMPAT MANDI RAJO.
  • Yang dinamakan Ngarai sekarang ini ternyata sebagai pembatas antara Guguak Randah dengan Guguak Tinggi, yang mana Zaman dahulunya Konon Khabarnya menurut keterangan urang tuo tuo kiita yang mengetahuinya adalah bandar kecil yang bisa dilangkahi dengan kaki, karena Erosi dan Longsor tanah tebing dibagian timbal balik yang selalu dialiri oleh air, lama kelamaan bertambah longsor dan melebar sehingga menjadi Jurang/Ngarai.
  • Terjadi nama Rambuti disatu tempat di Jorong Guguak Tinggi,bermula dari seorang yang bergelar Dt Marajo yang kedua, suku Koto, nama Muhammad Batin, setelah memangku jabatan Dt Marajo umur 18 Tahun,terjadi perebutan kekuasaan antar Nagari Guguak dengan Banuhampu dalam pertempuran di Kubu Bancah daerah Pakan Sinayan yang sekarang, Muhammad Batin Dt Marajo meninggal dunia
  • Dalam pertempuran tersebut, jenazahnya dibawa ke Guguak Randah, diadakan upacara di Balai Janggo, kemudian jenazahnya diarak ke Guguak Tinggi, diadakan pula upacara dan ditanamkan sebuah BATU NISAN. Seiring dengan Batu Nisan rambut dikepalanya digunting dan ditanamkan bersama batu Nisan tersebut, maka dinamailah daerah itu Rambuti, sampai sekarang nama daerah itu tidak berubah, tetap namanya Rambuti. Sejarah ini diterima dari urang tuo pasukuan Koto yang bernama Muhammad gelar Dt Rajo duo puluah, lahir pada tahun 1869.