Home » » "Orang Gila Batu Akik" Menjadi Berkah

"Orang Gila Batu Akik" Menjadi Berkah

"Orang Gila Batu Akik" Menjadi Berkah
Asah Batu Akik
Alam memiliki kekayaan yang sangat berharga dan sangat kaya apabila telah berwujud yang bisa dinikmati mata ketika memandang. Kekayaan alam ini memberikan suatu berkah untuk kita untuk kelansungan hidup yang dijalani.

Batu Akiak (Akik) yang sangat fenomenal pada saaat ini yang berasal dari kekayaan alam memberikan suatau dampak ekonomi yang merakyat. Mulai dari murid Sekolah Dasar sampai ke Dosen, remaja sampai orang tua bahkan orang kaya hingga rakyat jelata. Semua kalangan masyarakat bisa menikmati berkah batu akik. Sering kita dengar istilah yang diucapkan masyarakat umum ”lah gilo batu urang kini”, “kita kembali ke zaman batu” dan lain sebagainya.

Eko (22 Th) adalah anak Nagari Guguak Tabek Sarojo yang berdomisili di Tabek Sarojo Jorong Guguak Tinggi Tabek Sarojo, yang merasakan berkah dari batu akik. Walaupun memiliki kelemahan pada fungsi satu diantara tangannya, tapi memiliki kelebihan untuk mengoptimalkan kelemahan yang ada tersebut.

Sekarang usaha yang dilakukan Eko menjadi buah bibir di masyarakat nagari guguak Tabek Sarojo, nagari lain bahkan kota Bukittinggi karena usaha yang dilakukannya diburu dan cari masyarakat pecinta batu akik. Bagaimana bisa melihat keindahan batu akik kalau belum diasah, betulkan?
 Dengan dibantu dua orang rekannya usaha asah batu akik ini mulai beraktivitas pada pagi hari. Menurut Eko, ia dan rekannya bisa mengerjakan sehari dari membentuk batu mentah menjadi batu akik yang indah dipandang sebanyak 20 buah.

Untuk upah mengasah satu batu, lumayan terjangkau Rp. 25.000,- , kalau ada yang ingin membutuhkan jasa untuk pemotongan batu mentah menjadi berberapa bagian, ada juga hanya Rp. 10.000,- untuk sekali potong. Jika dikalkulasikan eko bisa menghasilkan Rp.500.000,- kotor /hari, penghasilan ini diluar ongkos potong loh! Hmmmmm....... lumayam kaan? Berkah dari “gila batu”

Adalah mamak dan keluarga dari Eko yang sangat mendukung untuk usaha yang sedang dilakukannya sekarang, dengan menambah mesin potong yang berukuran besar dan mesin asah yang lengkap semakin menjadikan semangat eko dan rekannya lebih giat untuk menggeluti usaha yang sedang tren saat ini.

Alhamdulillah, sebagai ungkapan syukur inilah diantara masyarakat Nagari Guguak Tabek Sarojo yang merasakan berkah batu akik yan sedang booming di Indonesia bahkan luar negeri. Selamat bekerja dan sukses untuk Eko dan rekan-rekan!!!! [M. Fadhli]