Home » » Perayaan Khatam Alqur'an di MDKM Jorong Guguak Tinggi Tabek Sarojo

Perayaan Khatam Alqur'an di MDKM Jorong Guguak Tinggi Tabek Sarojo

Pelaksanaan Khatam Al-Qur’an siswa siswi Madrasah Diniyah Kuliyatul Mu’alimin ( MDKM ) yang diadakan padang tanggal 7 – 8 Mei 2016 berlangsung dengan meriah. Acara Khatam ini diikuti sebanyak 39 orang siswa, 20 orang putri dan 19 orang putra.

Perayaan ini juga dihadiri oleh Bpk. Guspardi Gaus Dt. Batuah yang merupakan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang juga merupakan putra Nagari Guguak Tabek Sarojo.

Acara dimulai dengan Tilawatil Qur’an oleh seluruh peserta pada hari Sabtu tanggal 07 Mei 2016. Acara dilanjutkan dengan Pawai Ta’ruf pada keesokan harinya. Iring – iringan pawai yang terdiri dari rombongan drumband Gema Nada Istiqamah Guguak Randah, rombongan peserta Khatam yang di payungi oleh ayahnya masing - masing, rombongan bundo kanduang dari beberapa suku, rombongan drumband TK, rombongan busana muslim, rombongan sepeda hias dan rombongan Tansa. Pawai Ta’ruf mengelilingi Jorong Guguak Tinggi Tabek Sarojo, dimulai dari depan Mesjid Jami’ di Rambuti dilanjutkan kea rah Tanah lapang , Tabek Sarojo Pisang, Bukik Apik Koto dan berakhir di depan Madrasah Diniyah Kuliyatul Mu’alimin. Setelah jeda makan siang acara dilanjutkan dengan fashion show busana muslim yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Kuliyatul Mu’alimin ( MDKM ).

Acara khatam qur’an dilanjutkan pada malam harinya, dihadiri oleh Bapak Walinagari Guguak Tabek Sarojo dan tamu undangan lainnya, diawali dengan pembacaan Juz amma oleh seluruh peserta Khatam dan diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi pemuncak Peserta Khatam, pemuncak peserta sepeda hias dan hadiah lainnya. (Dessy Irani - Kaur Sos Kemasy)